5 Hal Agar Razia Polisi SAH

Bagi anda pengguna motor yang berkendara di Jalanan pasti sering diketemui bahwa ada saja Razia, anda juga keheranan kenapa sering ditilang, bawaan nya jadi kesel STNK anda diambil dan kadang ada pula kita diminta untuk mengeluarkan Uang agar STNK kita dikembalikan.

Hal ini wajar ketika Polisi melakukan sebuah Razia untuk kepentingan kita juga (Masyarakat) agar kita tuduk dan pantuh terhadap Hukum yang ada di Tanah air ini (Indonesia).
Namun ada saja kesalahan kita yang di cari-cari untuk meminta (Sebagian Polisi) beberapa uang agar kita tidak di Tilang, nah untuk itu anda harus mengetahui 5 hal ini agar ketika anda mau ditilang atau ada sebuah Razia dadakan, bukan maksud untuk melawan Tapi disini memberikan bahwa ada tips yang dimana Polisi juga ada titik kesalahan nya, ini akan berhasil ketika oknum polisi atau Petugas nakal diantara lain :

1. Ketika ada sebuah Razia Pastikan ada Papan Pemberitahuan Razia
ketika Polisi akan melakukan Razia maka ada Papan pemberitahuan sebelum tempat razia dilakukan sekitaran 10 Meter dari Razia, jika tidak berati Razia tersebut Bodong alias permainan Oknum nakal anda bisa melawan dengan memberikan "Pasal 15 ayat 1-3, PP42 Tahun 1993 bahwa setia tempat razia harus dilengkapi tanda yang menunjukan pemeriksaan Motor, jika tidak ada maka anda bisa melakukan Protes.

2. Polisi Harus mempunyai Surat SAH untuk melakukan Razia
Disebutkan dalam pasal PP 42 Tahun 1993 yang isinya setiap petugas yang melaksanakan Razia Wajib membawa Surat tugas, nah pada pasal 14 menerangkan bahwa isi dalam surat tugas itu harus ada :
- Alasan dan Jenis Pemeriksaan
- Waktu Pemeriksaan
- Penanggung Jawab Pemeriksaan
- Daftar Petugas yang Memeriksa
- daftar pejabat yang menyidik selama dalam razia.
Jika di dalam surat itu tidak ada salah satu keterangan berikut, maka anda bisa Protes kalau gam mau ribet langsung pergi saja.

3. Razia Malam harus ada Papan Berwarna Kuning
Ketika Razia pada Malam hari maka Polisi diharuskan untuk memasang Papan yang berwarna kuning agar pengendara tau bahwa ada Razia, dan menjauhkan dari terjadinya kecelakaan.

4. Polisi Wajib Memakai Seragam dan Atribut Lengkap
Di dalam Pasal 16 PP 42 Tahun 1993 Ayat 1 bahwasanya Petugas ketika melakukan Pemeriksaan di haruskan menggunakan seragam dan Atribut yang lengkap, Jadi ketika ada Polisi yang mungkin kelupaaan memakai Sabuk, maka Polisi tidak berhak melakukan Pemeriksaan.

5. Hanya Polisi Lalu lintas di beri Hak Menilang
ini harus anda pahami dikarenakan banyak macam Polisi, nah ketika anda ditilang seperti Dishub, Satpol PP dan semacam nya maka anda teriakin aja, hal ini dikarenakan hanya Polisi saja yang hanya boleh menjatuhkan sanksi saat berkendara, jadi kalo di luar itu mencoba menilang anda maka anda berhak melakukan Protes atau kalo gak mau ribet kacangin aja lalu tinggal pergi.

Nah kalo semisalnya 5 hal diatas Polisi memenuhi semua Syarat, Maka Polisi berhak untuk melakukan pemriksaan kepada anda, jika semisalnya anda melanggar seperti belum punya Sim, Pajak Mati dan Lain-lain maka anda gak usah memberontak, atau mencoba untuk melwana karena hal ini terjadi maka akan timbul masalah baru.