Proses Terjadinya Supernova

Mungkin sebagian anda bertanya-tanya apa itu Supernova dan bagai mana Proses terjadinya supernova tersebut, namun sebelum nya kita akan bahas dulu apa itu supernova.

Menurut Wikipedia : Supernova adalah bentuk sebuah ledakan yang dikarenakan Bintang di Galaxi yang memancarkan energi lebih banyak daripada Nova, atau lebih dikenal dengan sebuah peristiwa yang dimana Bintang yang akan menjadi Supernova yaitu berkhirnya massa riwayat suatu bintang. atau bintang yang telah berakhir massa hidupnya.
bagaimana Tahapan Terjadinya Supernova ?
Biasanya Supernova akan mengalami penghacuran di sebabkan dalam hal berikut :

1. Pembengkakan
Yaitu bintang yang mulai membengkak karena pada di dalam bintang mengangkat helium ke permukaan nya, Sehingga bintang tersebut akan membesar dan menjadi raksasa, dengan berwarna merah di bagian dalam nya semakin menyusut maka bintang tersebut akan mengalami gesekan panas dan padat hingga meledak.

2. Inti Besi
Nah pada saat semua bentuk bagian dari bintang yang telah hilang, dan akan tertinggal di dala bintang tersebut Unsur inti besi, maka dalam beberapa detik selanjutnya memasuki tahap akhir ledakan (kehancuran bintang), ini disebabkan Struktur Inti besi tidak dapat memungkinkan atom-atom di dalam bintang untuk melakukan untuk reaksi yang menjadikan elemen lebih berat.

3. Pelontaran
Gelombang yang gak karuan pada bintang akan melontarkan material di bintang terhempas kemana saja.

4. Peledakan
di masa tahap ini suhu pada perut bintang atau intinya lama kelamaan semakin bertambah, bayangkan hinga mencapai millyar derajat celsius Lalu energi inti pada bintang tersebut, kemudian energi inti yang kemudian meledak yang bergelombang dan menyebarkan, maka material tersebut menjadi panas, hingga menjadi elemen dan isotop radio aktif baru pada kepingan nya.