Inilah Wujud Ikan Purba di Indoensia

Seperti itulah bentuk asli dari ikan Purba, dalam ilmiah ikan ini disebut Coelacanth (Latimeria Menadonesis) yang ditemukan di Pulau manado tua di Sulawesi Utara.

Pada tanggal 30 Juni 1998, Tepatnya di kedalaman 100-150 meter, Ukuran dan panjang sekitar 124 sentimeter dengan bobot sekitaran 30 kg.

Spesies basah pada ikan Betina tersebut, tersimpan rapi di Laboratorium Herpetologi, di Lembaga Ilmu Pengetahuan disingkat LIPI , Cibinong - Bogor.

Lalu kenapa disebut dengan Ikan Purba ?
Hal ini dikarenakan, ikan-ikan yang seumuran dia sudah punah dan mati, Alias sudah menjadi sebuah Fosil, Sementara ikan ini masih hidup sampai waktu itu, dan Jenis ini masih ada di Perairan di Sulawesi Selatan, bahkan hasil penelitian terakhir, mendekteksi keadaannya di papua, Masyarakat Lokal tersebut menyebut ikan itu dengan nama ikan raja laut.

Diperkirakan, Coelacanth mungkin telah hidup di Zaman Devonian sekitar kurang lebih 400 juta tahun lalu, dan bisa juga disebut dengan zaman yang Mengacu pada sebuah Evolusi baru pada kelompok ikan, Nah pada masa ini ikan ini mengalami perkembaangan yang cukup cepat
Ikan Besar dinamakan : "Dunkleoteus" panjang 6 Meter dan berat Maximal 1 Ton. muncul pada periodesisasi.

Bila dibandingkan dengan kemunculan nya Dinosaurus, di muka bumi sekitar 230 juta tahun silam, dan dapat dipastikan ikan purba ini "Coelacanth" ini lebih purba pada umum nya, selain dijuluki dengan Fosil Kehidupan, keajaiban ikan ini adalah sampai pada massa ini ikan itu tidak pernah berevolusi hidup.