Ilmuan Menemukan Tanda Kehidupan Baru di Bulan Saturnus

Akhir-akhir ini Penelitian dari tim peneliti menemukan tanda-tanda kehidupan baru di bulan Saturnus, yang disebut dengan bulan Enceladus di Saturnus, yang dimana semburan uap air di Enceladus mengandung :
- Uap air
- Karbon Dioksida
- Hidrogen
- Metana

dan hal tersebut menandakan jika ada mikroba di dalam lautan Enceladus, Mereka mengintegrasikan hidrogen dan karbon dioksida menjadi sebuah metana, Seperti hal nya pada Mikroba Bumi.

Encenladus yaitu bulan di planet saturnus merupakan salah satu kandidat objek di Tata Surya terbaik yang bisa memungkin kan adanya menampung kehidupan, Enceladus yang kemungkinan besar mempunyai sebuah lautan di bawah lapisan es nya.
Lautan ini nanti bisa ada akibat gesekan yang terbentuk dari pasang surut yang diakibatkan Gravitasi Saturnus, Isi lautan terhempas keluar angkasa melalui celah-celah yang ada di permukaan nya.

Nah dengan adanya Air, maka kehidupan dapat saja bisa muncul seperti halnya kehidupan seperti bumi ini, tapi dengan air saja belum cukup bisa menentukan adanya kehidupan di bulan tersebut, maka dari itu, para Ilmuan menggunakan instrumen pada wahana Cassini yang dimana untuk mencari tahu bahan yang dilontarkan Enceladus, bahan-bahan tersebut yang kita bahas tadi yaitu : Air, Karbon dioksida dan metana.

Dibumi, mikroba dapat melakukan metanogenesis. Mereka mengreaksikan karbon dioksida dan hidrogen menjadi metana dan zat-zat lainya. Jika bulan tersebut (enceladus) terdapat kehidupan, maka mikroba-mikroba tersebut, dapat merubah karbon dioksida dan hidrogen di enceladus menjadi metana.

Tentu ini baru tanda-tanda nya tapi secara spesifik kita belum tentu bisa memastikan kecuali sudah ada fakta gambaran atau setidaknya ada video kehidupan disana, semoga ilmuan yang ada dibumi ini dapat mengungkap kehidupan disana dan pastinya membuat kita penasaran

Berkut sekiranya informasi nya