Gejala sakit maag dan obat alami sakit maag

Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia.

Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres

Tips Alami Mengatasi Penyakit Maag
Meskipun sebagian besar sakit maag bisa ditangani tanpa perlu berkonsultasi kepada dokter, namun pemeriksaan dokter medis tetap perlu dilakukan jika sakit maag disertai dengan Anda menjadi sering muntah, Anda menjadi sulit menelan dan mengalami penurunan berat badan, serta jika Anda dan telah menginjak berusia 55 tahun ke atas.

Jika Anda terbukti sakit maag, maka dokter akan meresepkan obat. Beberapa contoh obat yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit maag adalah antasida, antagonis reseptor H2 (H2RA), penghambat pompa proton (PPI), alginat, antibiotik, prokinetik, dan obat antidepresan.

Sakit maag termasuk penyakit umum di Indonesia. Menurut data yang dilakukan di beberapa pusat endoskopi di Indonesia terdapat sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 persen dari jumlah tersebut merupakan dispepsia fungsional. Dispepsia fungsional merupakan kondisi sakit maag yang tidak diketahui penyebabnya.

1. Cara Pertama Menggunakan Kunyit
Siapkan 2 batang kunyit kemudian cuci hingga bersih, Parutlah kunyit tersebut lalu tambahkan air matang (secukupnya). Kemudian anda peras parutan kunyit yang sudah dicampur air tersebut Minumlah 2 kali sehari yaitu pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur atau bisa juga pagi dan sore hari.

2. Cara Kedua Menggunakan Biji Pepaya
Siapkan biji pepaya secukupnya,Kemudian jemurlah biji pepaya tersebut hingga kering. Selanjutnya haluskan atau tumbuk hingga halus atau bisa juga dengan blender. Seduh biji pepaya yang telah ditumbuk tadi dan minum air seduhan tersebut secara rutin.

3. Cara Ketiga Menggunakan Daun Jambu Biji
Ambil 9 atu 10 lembar daun jambu biji yang masih segar Kemudian rebuslah daun jambu biji tersebut dengan 1,5 liter air hingga mendidih, Lalu saring dan ambil airnya. Minumlah air tersebut 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari.

4. Cara Keempat Menggunakan Tepung Kanji
Sediakan tepung kanji -+ 1 ons Kemudian Sangrailah (digoreng tanpa minyak) tepung kanji tersebut hingga warnanya berubah menjadi agak kekuning-kuningan Ambilah 2 sendok Tepung kanji yang sudah kita sangrai tadi, Campurkan dengan setengah gelas air panas Lalu diamkan beberapa saat hingga campuran tepung dan air panas tersebut agak dingin, setelah itu bisa langsung anda di minum. Lakukan tips ini selama seminggu atau hingga penyakitnya berkurang atau bahkan sembuh

5. Cara Kelima Menggunakan Kedelai inggat ya kedelai bukan keledai :v
Sediakan 1/2 kg biji kedelai kering, Kemudian sangrailah (digoreng tanpa minyak) kedelai tersebut Kemudian tumbuk sampai halus Setelah itu seduh dengan air panas (seperti saat membuat kopi) Minumlah kedelai tersebut 3 kali sehari yaitu siang, sore dan malam hari selama 2 minggu/ sampai sembuh Untuk pencegahan, anda dapat meminumnya 1 kali sehari

Demikianlah tips mengobati sakit maag secara alami, mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat dan membantu bagi anda yang membutuhkan semoga cepet sembuh juga yaa
salam terimakasih